satukata.id

Startup
iklan

#Artikel

  • Artikel
7 July 2023

Victor Manek Mali SE. MM, Mengabdi di Politik Demi Kemajuan Batam

Victor Manek Mali SE. MM, Mengabdi di Politik Demi Kemajuan Batam


Redaksi
Bagikan

satukata.id, Batam - Vicktor Manek Mali SE, MM, seorang politisi berpengalaman yang lahir di Atambua, Nusa Tenggara Timur, pada tanggal 11 Oktober 1974, tengah siap berjuang dalam kontestasi politik tahun 2024 mendatang. Victor, yang besar di Maumere, NTT, merupakan anak dari seorang pensiunan Polisi, yang asli dari Kemak Atambua Belu dan ibu dari Maumere .

Ia menempuh pendidikan dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Ekonomi Akuntansi di Maumere, kemudian melanjutkan pendidikan S1 di Unrika untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dan STIE Mahardhika Surabaya untuk meraih gelar Magister Management.

Baca Juga : Rumah Aspirasi DPC Demokrat Resmi Berdiri, Ichsan: Jadi Sarana Komunikasi dengan Masyarakat

Tahun 1996, Victor memutuskan untuk .merantau ke Batam dan menetap di Batam hingga sekarang , khususnya di daerah Piayu, Sei Beduk, di mana ia tinggal hingga saat ini. Ia menikah dengan seorang wanita asal Solo, Jawa Tengah, dan telah dikaruniai tiga orang anak yang semuanya dilahirkan di Batam.

"Sejak tahun 1996 saya ke Batam, sampai saat ini masih tetap tinggal di Sei Beduk," kata Victor, Jumat, 7 Juli 2023.

Perjalanan Victor dalam dunia politik dimulai pada tahun 1999, saat ia memasuki kancah politik Indonesia dari salah satu partai yang ada. Namun, pada tahun 2003, ia memutuskan untuk bergabung dengan Partai Demokrat, yang merupakan salah satu partai politik yang didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono.

Sejak bergabung dengan partai berlambang mercy tersebut, Victor, yang akrab disapa Victor, telah mengemban berbagai jabatan penting. Ia memulai karir politiknya sebagai Ketua Ranting di Muka Kuning dan kemudian dipercaya menjadi Sekretaris DPAC Demokrat di Kecamatan Sei Beduk. Berkat dedikasinya yang terus menerus, Victor pun ditunjuk sebagai Ketua Pimpinan Anak Cabang Sei Beduk.

"Dalam perjalanan saya berpolitik di Partai Demokrat sejak tahun 2003, saat ini saya memiliki kehormatan untuk dipercaya sebagai Sekretaris DPC Demokrat Batam oleh bapak M Al Ichsan, Ketua DPC Demokrat Batam sekarang," ungkap Victor.

Tak henti-hentinya berkiprah di dunia politik, Victor mencoba mengikuti kontestasi Pemilihan Umum pada tahun 2019 silam. Sayangnya, meski memiliki semangat dan tekad yang kuat, Victor tidak berhasil terpilih dan duduk di kursi legislatif DPRD Kota Batam.

"Tahun ini, saya kembali maju dan belajar dari pengalaman di tahun sebelumnya. Saya telah memetik banyak hikmah dari pengalaman berpartisipasi pada tahun 2019," ujar Victor dengan tekad yang tak surut.

Menjelang tahun 2024, Victor berencana maju sebagai calon anggota DPRD Batam dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3, di mana ia saat ini berdomisili. Ia bertekad untuk memajukan daerah Sei Beduk, Nongsa, Bulang, dan Galang, serta seluruh kawasan Batam.

"Saya akan berjuang untuk kemajuan daerah Dapil saya, namun saya juga tetap membuka kemungkinan untuk memajukan seluruh Batam. Karena sebagai wakil rakyat, kita dipilih oleh rakyat dan kita harus mengabdi kepada seluruh masyarakat Batam," tegasnya.

Terdapat banyak aspek yang akan menjadi prioritas Victor dalam Dapil 3, terutama pembangunan yang masih tertinggal dibandingkan dengan daerah lain. Menurut Victor, Dapil 3 merupakan penyumbang terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Batam, mengingat kawasan ini merupakan pusat industri, seperti Kawasan Muka Kuning, Kawasan Industri Kabil, Kawasan Taiwan, dan sejumlah wilayah lainnya.

"Kami merasa terpinggirkan di sini, padahal wilayah kami merupakan penyumbang terbesar PAD bagi Batam. Lihatlah, pembangunan di wilayah kami masih jauh tertinggal dibandingkan dengan wilayah lainnya. Misalnya, masalah jalan, masih banyak lubang yang sangat membahayakan para pengendara," ungkapnya dengan kekhawatiran.

Selain itu, Victor juga menyoroti permasalahan pendidikan di daerahnya. Ia menyebutkan bahwa hampir setiap tahun para orangtua mengeluh karena keterbatasan ruang kelas, yang mengakibatkan tidak semua siswa baru dapat ditampung saat memasuki tahun ajaran baru.

"Sebagai Sekretaris DPC Demokrat Kota Batam, saya akan mengusung program-program yang diusung oleh Pak Ichsan, Ketua DPC Demokrat Batam," tutur Victor yang juga dosen di STIE Bentara Persada Batam.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota DPRD, Victor akan fokus pada fungsi-fungsi penting seperti penganggaran, legislasi, dan pengawasan. "Ketika masyarakat mempercayakan saya untuk duduk di DPRD Batam, saya akan melaksanakan semua fungsi DPRD dengan sepenuh hati. Sebab, saya dipilih oleh rakyat, dan segala upaya haruslah untuk kesejahteraan rakyat," tegasnya. (*)

Artikel Lainnya

satukata.id

Dikelola oleh:

PT. Kepri Media Siber

Kanal

News

Pemilu

Teknologi

Otomotif

Bola

Life Style

satukata.id

Dikelola oleh: PT. Kepri Media Siber