satukata.id

Startup
iklan

#Artikel

  • Artikel
18 June 2023

Bulan Bung Karno: Memperingati Jejak Penting Soekarno dalam Sejarah Indonesia

Bulan Bung Karno: Memperingati Jejak Penting Soekarno dalam Sejarah Indonesia


Redaksi
Bagikan

satukata.id, Batam - Bulan Juni diperingati sebagai Bulan Bung Karno karena memuat sejumlah tanggal penting dalam hidup Soekarno, mulai dari kelahirannya, wafatnya, hingga lahirnya Pancasila yang dirintis olehnya.

"Kelahiran Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni, kelahiran Bung Karno pada 6 Juni 1901, dan wafat pada 21 Juni 1970," kata Mayjen TNI Mar (Purn) Sturman Panjaitan, Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kepri, di Kompleks Ruko Nagoya Point Mega Legenda Batam Center, Sabtu (16/6/2023).

Baca Juga : Gubernur Ansar Berikan Bonus Menarik kepada Atlet Pemenang Medali di SEA Games 2023

Sturman menambahkan bahwa tujuan Bulan Bung Karno 2023 ini adalah membangun memori kolektif tentang pentingnya Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta menghidupkan kembali semangat dan pemikiran Bung Karno dalam melayani kepentingan rakyat, bangsa, dan negara.

"Sebagai proklamator dan Presiden pertama, Bung Karno mewariskan pemikirannya kepada bangsa Indonesia. Ajaran persatuan bangsa selalu menjadi fokusnya hingga menjelang wafat," ucap Sturman, dalam perhelatan Bulan Bung Karno untuk wilayah Kota Batam pada tanggal 16 dan 17 Juni 2023, yang diadakan di Rumah Aspirasi Sturman Panjaitan.

Baca Juga : Kemenangan Garuda Muda: Menpora Bersiap Menyemai Kebangkitan Sepak Bola Nasional

Kegiatan Bulan Bung Karno di Kota Batam melibatkan berbagai aktivitas, termasuk bakti sosial dan penyerahan paket sembako untuk lansia. Selain itu, diadakan juga lomba memasak mustika rasa yang diikuti oleh ibu-ibu dari berbagai wilayah di Kota Batam, serta lomba pidato bagi siswa-siswi SMA/SMK kategori generasi milenial.

"Mengapa generasi milenial dipilih sebagai peserta? Karena mereka memiliki pemikiran yang luar biasa dan ide-ide yang inovatif untuk menghidupkan Pancasila, mengenal sejarah Pancasila, mengenang perjuangan kemerdekaan, memahami Pancasila sebagai dasar negara dan pemersatu bangsa, serta mewujudkan aktualisasi Pancasila itu sendiri," lanjut Sturman.

Lomba memasak mustika rasa diikuti oleh 10 kelompok yang berasal dari Tanjung Piayu, Sei Beduk, Bengkong, Pulau Setokok, Batu Aji, dan Komunitas Peduli Lingkungan Hidup Batam yang menjadi binaan Sturman Panjaitan.

Puncak peringatan Bulan Bung Karno 2023 akan diadakan pada tanggal 24 Juni 2023 di Stadion Gelora Bung Karno.

Sturman menjelaskan bahwa pemilihan Gelora Bung Karno sebagai lokasi puncak acara Bulan Bung Karno disebabkan oleh sejarah penting yang melekat pada tempat tersebut terkait dengan Bung Karno.

"Ini adalah tempat yang sangat monumental yang menggelorakan semangat dan mewakili visi yang besar dari Bung Karno, Proklamator dan Bapak Besar Bangsa Indonesia. PDI Perjuangan akan mengadakan puncak peringatan Bulan Bung Karno pada tanggal 23 Juni 2023 dengan menghadirkan ratusan ribu masyarakat Indonesia dari berbagai penjuru nusantara," tambahnya.(*)

Artikel Lainnya

satukata.id

Dikelola oleh:

PT. Kepri Media Siber

Kanal

News

Pemilu

Teknologi

Otomotif

Bola

Life Style

satukata.id

Dikelola oleh: PT. Kepri Media Siber