satukata.id

Startup
iklan

#Artikel

  • Artikel
20 May 2023

Peluang Emas! Mendikbudristek Buka Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia untuk Seluruh Lapisan Masyarakat

Peluang Emas! Mendikbudristek Buka Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia untuk Seluruh Lapisan Masyarakat


Redaksi
Bagikan

satukata.id, Jakarta - Dalam tindak lanjut kebijakan perluasan beasiswa LPDP, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim telah mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia yang telah dibuka. Dalam episode kesepuluh Merdeka Belajar, beasiswa tersebut telah diluncurkan sebagai upaya yang kuat dalam mendukung akses pendidikan bagi semua.

“Saya mengajak semua pelajar, pendidik, serta pelaku budaya untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini. Pada tahun 2022 ini, Beasiswa Pendidikan Indoensia akan diberikan kepada lebih dari 3.000 penerima beasiswa baru untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kami akan terus meningkatkan jumlah penerima beasiswa dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang menerima manfaat dari beasiswa pendidikan Indonesia," kata Nadiem.

LPDP Membuka Peluang Peningkatan Kapasitas melalui Program Gelar dan Nongelar. LPDP telah melakukan perluasan program beasiswa mereka, memberikan kesempatan bagi individu untuk meningkatkan kapasitas mereka melalui program gelar dan nongelar. Melalui langkah ini, LPDP dapat memanfaatkan Dana Abadi Pendidikan yang mereka kelola untuk menjangkau sasaran yang lebih luas, beragam, dan tepat sasaran.

Program ini tidak hanya berfokus pada pendidikan gelar, tetapi juga mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa, guru, dosen, dan tenaga kependidikan melalui program non-degree atau yang sering disebut sebagai program microcredential.

Beasiswa LPDP telah menjadi wadah penting bagi individu yang ingin memperoleh pendidikan tinggi, dan kini mereka juga mengakomodasi peningkatan kompetensi melalui program non-degree. Program microcredential ini bertujuan untuk memberikan pelatihan khusus dan mendalam dalam bidang-bidang tertentu, seperti teknologi, kewirausahaan, atau manajemen.

Dengan melibatkan mahasiswa, guru, dosen, dan tenaga kependidikan dalam program ini, LPDP berharap dapat menghasilkan individu yang lebih terampil dan berkompeten dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di era digital ini. Melalui langkah ini, LPDP menunjukkan dedikasi mereka dalam mendukung pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia.

Kemendikbudristek telah melakukan terobosan yang signifikan melalui program perluasan Beasiswa LPDP, dengan menghapus batasan-batasan yang ada sebelumnya. Program ini kini tidak hanya terbuka untuk jenjang Pascasarjana, tetapi juga bagi mahasiswa S1, seniman, dan pelaku budaya yang ingin melanjutkan studi mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Langkah ini diambil untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada seluruh Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan, sehingga mereka dapat mengembangkan potensi diri mereka melalui pendidikan yang lebih tinggi.

Beasiswa Pendidikan Indonesia sekarang terbuka untuk semua kalangan, termasuk siswa berprestasi, guru, dosen, tenaga kependidikan, dan pelaku budaya. Kemendikbudristek memiliki komitmen yang kuat untuk memastikan ketersediaan dana dan kelangsungan program beasiswa ini, demi mewujudkan cita-cita bersama yaitu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia Maju. Dengan langkah ini, diharapkan lebih banyak individu berbakat dan berpotensi dapat mengakses pendidikan yang berkualitas tinggi, serta turut berkontribusi dalam memajukan Indonesia melalui peningkatan kualitas SDM.

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia dapat ditemukan di laman beasiswa.kemdikbud.go.id.

sumber : kemendikbud.go.id

Artikel Lainnya

satukata.id

Dikelola oleh:

PT. Kepri Media Siber

Kanal

News

Pemilu

Teknologi

Otomotif

Bola

Life Style

satukata.id

Dikelola oleh: PT. Kepri Media Siber