satukata.id

Startup
iklan

#Artikel

  • Artikel
30 May 2023

Presiden Jokowi Pimpin Rapat Terbatas Bahas Kebijakan Golden Visa untuk Menarik Talenta Berkualitas

Presiden Jokowi Pimpin Rapat Terbatas Bahas Kebijakan Golden Visa untuk Menarik Talenta Berkualitas


Redaksi
Bagikan

satukata.id, Jakarta - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), memimpin rapat terbatas (ratas) yang membahas kebijakan golden visa bagi warga negara asing di Istana Merdeka, Jakarta. Kebijakan tersebut diyakini akan menarik lebih banyak talenta berkualitas dari berbagai bidang.

Dalam rapat tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa golden visa adalah kebijakan baru yang akan diluncurkan dalam waktu singkat dengan tujuan untuk menarik talenta berkualitas di bidang digitalisasi, kesehatan, riset, dan teknologi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan bahwa dunia saat ini membutuhkan banyak talenta baru, terutama dalam bidang ekonomi digital. Dengan adanya kebijakan golden visa, diharapkan tidak hanya tercipta lapangan pekerjaan baru, tetapi juga menjadikan Indonesia sebagai episentrum pergerakan ekonomi di masa depan.

"Kami berharap kebijakan ini akan menjadikan Indonesia sebagai episentrum pergerakan ekonomi di masa depan, termasuk dalam hal keberlanjutan dan keberlanjutan lingkungan,"kata Sandi dikutip dar laman setkab.go.id.

Menparekraf Sandiaga juga berharap bahwa kebijakan ini dapat membawa perubahan signifikan bagi Indonesia dan mampu menarik talenta global untuk berinvestasi di tanah air.

"Kami berharap golden visa ini, dengan jangka waktu 5 sampai 10 tahun, akan menjadi game changer yang berbeda dan akan menarik lebih banyak wisatawan, termasuk digital nomad dan pengusaha digital yang ingin berinvestasi di Indonesia," katanya.

Terkait payung hukum kebijakan ini, Menparekraf menegaskan bahwa Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) akan memastikan adanya peraturan yang tepat dalam hal ini.

"Karena ini melibatkan kebijakan visa, kemungkinan Kementerian Hukum dan HAM akan mengumumkan peraturan-peraturan turunannya," ujarnya.

Dengan kebijakan golden visa ini, diharapkan Indonesia dapat menjadi magnet bagi talenta berkualitas dari seluruh dunia, mendukung pertumbuhan ekonomi digital, dan memperkuat posisinya sebagai pusat pergerakan ekonomi di masa depan.(*)

Artikel Lainnya

satukata.id

Dikelola oleh:

PT. Kepri Media Siber

Kanal

News

Pemilu

Teknologi

Otomotif

Bola

Life Style

satukata.id

Dikelola oleh: PT. Kepri Media Siber