satukata.id
Startup

#Artikel

  • Artikel
24 January 2024

Presiden Jokowi bersama Menhan Prabowo Subianto menghadiri serah terima pesawat Hercules dan Panther di Halim Perdanakusumah

Presiden Jokowi bersama Menhan Prabowo Subianto menghadiri serah terima pesawat Hercules dan Panther di Halim Perdanakusumah


Redaksi
Bagikan

satukata.id, Batam - Presiden Joko Widodo turut menyaksikan momen penting penyerahan simbolis pesawat transport berat C-130J-30 Super Hercules dari Kementerian Pertahanan kepada TNI Angkatan Udara. Acara berlangsung di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu.

Penyerahan pesawat dilakukan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Pesawat Super Hercules ini menjadi bagian integral dari upaya penguatan armada pesawat angkut TNI AU.

"Ya tadi kita menyaksikan dilakukan penyerahan pesawat C-130J Super Hercules. Ini adalah pesawat angkut yang telah dipesan, dan penting sekali baik untuk keperluan perang maupun non-perang," ujar Presiden Jokowi, menegaskan signifikansi perolehan pesawat tersebut.

Presiden juga menyoroti keunggulan pesawat Super Hercules yang sangat sesuai dengan kondisi Indonesia yang memiliki banyak landasan pendek. "Kadang airport-nya hanya runway pendek, bisa didarati Super Hercules ini, dan bisa terbang 11 jam nonstop," tambahnya.

Pesawat C-130J-30 Super Hercules dengan nomor registrasi A-1344, yang diterbangkan ke Indonesia dari pabrik Lockheed Martin Global di Amerika Serikat, tiba di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma pada 22 Januari 2024, setelah penerbangan beranting yang dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 31 Letkol Pnb Alfonsus Fatma Astara Duta.

Dalam langkah strategisnya, Kementerian Pertahanan telah berhasil menyelesaikan program pengadaan lima pesawat C-130J-30 Super Hercules. Pengadaan ini, sebagai bagian dari upaya Prabowo Subianto, bertujuan untuk memperkuat TNI AU, khususnya dalam bidang transportasi taktis.

Selain meningkatkan kemampuan pertahanan udara Indonesia, pengadaan ini juga melibatkan program pelatihan bagi 58 personel, termasuk penerbang dan teknisi. Pesawat C-130J-30 Super Hercules, dengan teknologi full-glass cockpit dan mesin Rolls Royce AR2100D3 Turboprop, dianggap sebagai pesawat terbaru dan tercanggih di kelasnya.

"Pesawat ini mampu terbang selama 11 jam nonstop, lepas landas dan mendarat pada landas pacu yang pendek. Keunggulannya menjadikannya pilihan yang tepat untuk Indonesia yang memiliki wilayah luas dan banyak landasan pendek," tambah Presiden Jokowi.

Sementara pesawat kelima (A-1342) dijadwalkan akan tiba pada April 2024, tiga pesawat sebelumnya telah diserahkan kepada TNI AU pada tanggal yang berbeda sebelumnya. Prabowo Subianto juga menyampaikan simbolis hasil peremajaan helikopter Fennec dan suku cadangnya kepada TNI AD, serta peremajaan helikopter AS 565 MBe Panther kepada TNI AL. Acara ini juga diwarnai dengan penampilan empat unit pesawat C-130J-30 Super Hercules dan empat unit helikopter Fennec hasil peremajaan, bersama dengan empat dari delapan unit helikopter H225M Caracal TNI AU yang sebelumnya telah diserahkan pada 1 Desember 2023.

sumber : antara

Artikel Lainnya

satukata.id

Dikelola oleh:

PT. Kepri Media Siber

Kanal

News

Pemilu

Teknologi

Otomotif

Bola

Life Style

satukata.id

Dikelola oleh: PT. Kepri Media Siber