satukata.id

Startup
iklan

#Artikel

  • Artikel
20 May 2023

Perkembangan Hubungan Bilateral: Indonesia dan Kepulauan Cook Bersua dalam Pertemuan Historis

Perkembangan Hubungan Bilateral: Indonesia dan Kepulauan Cook Bersua dalam Pertemuan Historis


Redaksi
Bagikan

satukata.id, Jakarta - Pertemuan bilateral antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown digelar di Hotel Rihga Royal, Hiroshima, Jepang, pada Sabtu (30/05/2023). Hubungan bilateral antara kedua negara ini dibuka pada tahun 2019, menjadikan pertemuan tersebut yang pertama kalinya diadakan sejak saat itu.

Dalam pengantarnya, Presiden menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan yang pertama kali sejak hubungan bilateral dibuka pada tahun 2019. Dia juga mengucapkan selamat atas keketuaan Yang Mulia di Pacific Islands Forum (PIF).

Presiden menekankan bahwa Indonesia juga merupakan negara Pasifik, sehingga sebagai bagian dari keluarga Pasifik, Indonesia dan Kepulauan Cook harus bersatu dan bersama-sama menghadapi tantangan isu kelautan dan perubahan iklim di masa depan.

Indonesia berkeinginan untuk terlibat lebih dalam dalam mendukung pembangunan di negara-negara Pasifik. Selain itu, Indonesia sedang mengembangkan peta jalan kerja sama pembangunan di Pasifik sebagai langkah tindak lanjut dari Indonesia-Pacific Forum for Development.

Selain isu kelautan dan perubahan iklim, Indonesia dan Kepulauan Cook memiliki peluang untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang lainnya, seperti pertanian, perikanan, pariwisata, pendidikan, dan penanggulangan bencana alam.

Presiden berharap bahwa kerja sama yang terjalin dapat mewujudkan kawasan Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera, dengan semangat kolaborasi dan saling menghormati kedaulatan dan integritas wilayah masing-masing.

Presiden meyakini bahwa Perdana Menteri Kepulauan Cook memiliki pandangan yang sama dan akan menyuarakan hal tersebut di Pacific Islands Forum.

Dalam pertemuan ini, Presiden didampingi oleh beberapa menteri, termasuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto.

sumber : setkab.go.id

Artikel Lainnya

satukata.id

Dikelola oleh:

PT. Kepri Media Siber

Kanal

News

Pemilu

Teknologi

Otomotif

Bola

Life Style

satukata.id

Dikelola oleh: PT. Kepri Media Siber