satukata.id
Startup

#Artikel

  • Artikel
17 January 2024

Retribusi Parkir Naik, Lik Khai: Jangan Mau Bayar Kalau Jukir Tak Berikan Karcis

Retribusi Parkir Naik, Lik Khai: Jangan Mau Bayar Kalau Jukir Tak Berikan Karcis


Redaksi
Bagikan

satukata.id, Batam - Ketua Komisi I DPRD Kota Batam Lik Khai menghimbau kepada masyarakat Batam agar meminta karcis parkir dari Juru Parkir (Jukir). Hal ini agar tidak terjadi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) parkir yang terjadi selama ini.

"Masyarakat jangan mau kasih uang parkir kalau jukir nya tidak memberikan karcis parkir, menunjukkan KTA dan menggunakan seragam resmi parkir," tegas Lik Khai, Rabu, 17 Januari 2023.

Kata Lik Khai, seharusnya sebelum kenaikan tarif parkir, Pemko Batam dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) harus menyiapkan segala sesuatunya, seperti ketersediaan karcis parkir terbaru, atau posko pengaduan buat masyarakat.

"Posko pengaduan dibuat, apabila ada keluhan masyarakat tentang uang parkir. Kita lihat tiga hari ini setelah ditetapkan besaran uang parkir, banyak terjadi keributan antara pengguna kendaraan dengan jukir di lapangan," tegasnya lagi.

Sekali lagi Lik Khai menghimbau, masyarakat jangan membayar uang parkir apabila para jukir tidak menggunakan atribut seperti seragam, KTA dan tidak memberikan karcis.

"Kalau sampai terjadi keributan, silakan lapor ke Polisi, itu namanya sudah pungli dan jukir nya bisa di proses hukum," ujarnya.

"Sebenarnya masyarakat tidak keberatan dengan naiknya uang parkir, tapi harus jelas kemana uangnya," sambung politisi dari partai Nasdem.

Selain itu juga, Lik Khai menganggap Dishub Kota Batam tidak siap untuk menerapkan retribusi parkir dengan serius. Seperti parkir bulanan atau parkir berlangganan, banyak masyarakat Batam yang kurang mengerti tentang hal tersebut.

"Parkir bulanan atau langganan, beli nya dimana. Katanya, dishub mau buat pembayaran uang parkir menggunakan Qris, tapi sampai sekarang tidak pernah terealisasi," ujarnya.

Sebelumnya, Retribusi Parkir di Batam mengalami kenaikan mulai 15 Januari 2024. Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 terkait pajak dan retribusi parkir daerah Kota Batam, dan Perwako nomor 1 tahun 2024 tentang parkir kendaraan bermotor di fasilitas parkir di luar ruang milik jalan/tempat khusus parkir.

Untuk parkir di tepi jalan, sepeda motor naik menjadi Rp2 ribu dan kendaraan roda empat Rp4 ribu. Sementara untuk retribusi parkir berlangganan seperti di pusat perbelanjaan untuk kendaraan roda empat Rp5 ribu untuk dua jam pertama dan Rp2 ribu untuk satu jam berikutnya.

Sementara itu, beberapa ketentuan berubah, seperti Perda sebelumnya drop off berlaku 15 menit gratis, namun di aturan terbaru menjadi lima menit.(*)

Artikel Lainnya

satukata.id

Dikelola oleh:

PT. Kepri Media Siber

Kanal

News

Pemilu

Teknologi

Otomotif

Bola

Life Style

satukata.id

Dikelola oleh: PT. Kepri Media Siber