satukata.id

Startup
iklan

#Artikel

  • Artikel
30 August 2023

BI Kepri Sukses Menyelenggarakan Festival CERNIVAL 2023, Tingkatkan Akseptasi QRIS dan Keberdayaan Konsumen di Kepri

BI Kepri Sukses Menyelenggarakan Festival CERNIVAL 2023, Tingkatkan Akseptasi QRIS dan Keberdayaan Konsumen di Kepri


Redaksi
Bagikan

satukata.id, Batam - Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah sukses menyelenggarakan festival bergengsi bertajuk Creative and Innovative Riau Islands Carnival (CERNIVAL) 2023 pada 26 - 27 Agustus 2023 di One Batam Mall. Festival yang mengusung tema pengembangan ekonomi dan keuangan digital ini berhasil mendatangkan perhatian besar dan meraih peringkat tertinggi dalam mesin pencari berkat implementasi kebijakan sistem pembayaran dan pelindungan konsumen yang inovatif.

CERNIVAL 2023 merupakan langkah inovatif dari Bank Indonesia Kepri untuk menjalankan kebijakan terkini dan memberikan pengalaman baru dalam pemanfaatan QRIS kepada masyarakat. Pembukaan festival ini diresmikan oleh Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri Suryono. Hal ini menunjukkan komitmen kuat dari Bank Indonesia Kepri dan kolaborasi sinergis dengan Pemerintah Daerah, perbankan, dan mitra strategis dalam mengakselerasi pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital serta implementasi kebijakan sistem pembayaran yang terfokus pada QRIS dan pelindungan konsumen.

Baca Juga : Investasi Pabrik Kaca USD11,5 Miliar di Pulau Rempang: Terobosan Besar untuk Lapangan Pekerjaan

CERNIVAL 2023 telah berhasil menghadirkan pengalaman komprehensif bagi masyarakat dalam berbagai aspek seperti edukasi, teknologi, hiburan, dan budaya melalui serangkaian acara menarik. Salah satu highlight acara adalah Talkshow Coastal Era 2.0 dengan tema "Empowering Digital Consumer," yang menghadirkan narasumber dari Departemen Pengembangan UMKM dan Pelindungan Konsumen Bank Indonesia serta praktisi ahli di bidang digital banking. Acara lainnya, seperti BI Talk, turut memberikan pemahaman interaktif mengenai kebijakan terbaru dari Bank Indonesia.

Dari sisi budaya dan olahraga, CERNIVAL 2023 menampilkan berbagai kompetisi yang mengedepankan kreativitas, termasuk kompetisi e-sports Mobile Legend, Cosplay, manga, game, K-Pop Dance Cover, dan acara olahraga perbankan (PORBANK). Acara ini bukan hanya menjadi ajang kompetisi semata, tetapi juga memperkuat hubungan serta silaturahmi antar pegawai perbankan di Provinsi Kepulauan Riau, sambil mendukung perekonomian daerah.

Tidak hanya berfokus pada aspek hiburan, CERNIVAL 2023 juga melibatkan kegiatan sosial dengan penyelenggaraan Donor Darah yang diikuti oleh lebih dari 700 peserta. Puncak acara dimeriahkan oleh penampilan band nasional dan lokal, Nidji dan Road Roost. Keberhasilan festival ini tercermin dalam angka kunjungan, di mana lebih dari 11.787 pengunjung hadir dan QRIS Experience mencapai lebih dari 27.682 transaksi. Selain itu, omset transaksi bazaar UMKM selama dua hari mencapai angka sebesar Rp281 juta.

Prestasi gemilang juga diraih oleh Bank Indonesia Kepri pada CERNIVAL 2023, di mana lembaga ini dianugerahi penghargaan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pertama yang menyelenggarakan Pemilihan Duta Pelindungan Konsumen. Pemilihan Duta Pelindungan Konsumen dan Duta QRIS diharapkan dapat lebih mempercepat sosialisasi kebijakan Bank Indonesia, sehingga kesadaran konsumen terhadap jasa sistem pembayaran semakin meningkat.

Bank Indonesia Kepri menegaskan komitmennya untuk terus menguatkan sinergi dengan Pemerintah Daerah, perbankan, dan mitra strategis guna meningkatkan perekonomian di Kepri. Dengan fokus pada ekosistem ekonomi dan keuangan digital, serta keberdayaan konsumen, langkah ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah Kepulauan Riau.(*)

Artikel Lainnya

satukata.id

Dikelola oleh:

PT. Kepri Media Siber

Kanal

News

Pemilu

Teknologi

Otomotif

Bola

Life Style

satukata.id

Dikelola oleh: PT. Kepri Media Siber