satukata.id

Startup
iklan
Ditulis oleh : Tengku Bayu - 7 July 2024

Partisipasi Masyarakat Menjadi Atensi KPU Lingga Sukseskan Pilkada 2024

Partisipasi Masyarakat Menjadi Atensi KPU Lingga Sukseskan Pilkada 2024

Sosialisasi Pilkada Kepualuan Riau dan Kabupaten Lingga Tahun 2024 kepada Insan Pers di Dapur Mamak, Dabo Singkep. Foto : ist

satukata.id, Lingga - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lingga tekankan pentingnya partisipasi masyarakat untuk mensukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024. Hal ini dikatakan Ketua KPU Lingga, Ardhy Aulia saat Sosialisasi Tahapan Pilkada kepada Insan Pers di Dabo Singkep, Minggu (07/06/2024).

"Partisipasi masyarakat untuk melakukan hak pilihnya menjadi perhatian kami sebagai enyelanggara Pilkada Tahun 2024 di Kabupaten Lingga. Peran media massa sangat penting untuk mensosialisasikan pentingnya partispasi masyarakat berhubungan legitimasi hasil Pilkada nanti," kata Ardhy Aulia.

Dikatakan, jika partisipasi masyarakat untuk melakukan hak pilihnya rendah, nantinya muncul keraguan dari masyarakat atas hasil Pilkada yang dilakukan. Misalkan, saat Pilkada dilakukan partisipasi masyarakat yang melakukan hak pilih kurang dari 60 persen, maka pemenang Pilkada nantinya kurang dari 50 persen dari jumlah pemilih.

Poling Bakal Calon Gubernur Kepulauan Riau Yang Akan Terpilih di Pilkada 2024

"Jika nantinya dalam Pilkada ada tiga pasang calon yang ikut, maka dapat dipastikan pemenangnya mendapatkan suara kurang dari 50 atau 40 persen suara. Tentunya hal ini menjadi keraguan masyarakat untuk pemenang Pilkada yang selanjutnya menjadi pasangan pemimpin di Kabupaten Lingga," terangnya.

Ardhi mengungkapkan, KPU Lingga akan terus menjalin kerja sama dengan media massa untuk melakukan berbagai sosialisasi tahapan Pilkada. KPU Lingga juga telah mempersiapkan berbagai agenda yang berhubungan dengan media massa. "Peran media massa sangat penting untuk membakar semangat masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada Tahun 2024," terangnya.

Dalam kegiatan ini, KPU Kabupaten Lingga juga menerangkan apa saja yang dapat dilakukan KPU Lingga untuk pihak media mendapatkan informasi yang akurat tentang pelaksanaan Pilkada. KPU Lingga akan membuka diri memberikan data data yang dibutuhkan media massa sesuai kewenangan yang dimiliki.

"Kami selalu terbuka dengan pihak media untuk mendapatkan data yang dibutuhkan untuk dasar informasi yang diberikan ke masyarakat sesuai kewenangan yang kami miliki. Kita semua menginginkan Pilkada di Kabupaten Lingga berjalan dengan sukses hingga menghasilkan pemimpin yang diinginkan masyarakat untuk kemajuan Kabupaten Lingga," imbuhnya.

Dalam kegiatan juga dibuka komunikasi dua arah antara jurnalis dengan KPU Kabupaten Lingga. Komunikasi dilakukan agar nantinya terjalin komunikasi yang baik antara media massa dengan KPUD Lingga. Hal ini dilakukan agar nantinya masyarakat mendapatkan informasi yang akurat terkait pelaksanaan Pilkada Tahun 2024.(tir)

Diedit oleh :
Redaksi
#Lingga#Pemkab Lingga

ATA Writer

Tengku Bayu

Bahas ekonomi digital, keamanan siber, dan AI dan senang bahas makeup, skincare, dan buku. Mobile street photographer musiman.


Artikel Lainnya

Bagikan
iklan

Terpopuler


satukata.id

Dikelola oleh:

PT. Kepri Media Siber

Kanal

News

Pemilu

Teknologi

Otomotif

Bola

Life Style

satukata.id

Dikelola oleh: PT. Kepri Media Siber