satukata.id

Startup
iklan
Ditulis oleh : Tengku Bayu - 10 June 2024

BPK IV Kepri-Riau Akan Turunkan Tim ke Lingga, Telisik Renovasi Cagar Budaya Wisma Timah

BPK IV Kepri-Riau Akan Turunkan Tim ke Lingga, Telisik Renovasi Cagar Budaya Wisma Timah

Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepri di Kota Tanjung pinang. Foto-ist

satukata.id, Lingga - Pelestarian Kebudayaan BPK) Wilayah IV  Kepri-Riau  berencana akan turunkan staf Pamong Budaya untuk melakukan pengecekan informasi renovasi tanpa izin pemerintah daerah Bangunan Cagar Budaya Wisma Timah. Hal ini disampaikan Kepala BPB Kepri, Jumhari kepada satukata.id, Senin (10/06/2024).

"Dalam waktu dekat kami akan turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan langsung ke lokasi cagar budaya. Hal ini dilakukan sebagai dasar pembuatan rekomendasi hal apa yang akan dilakukan selanjutnya," kata Jumhari.

Dikatakan, dalam melakukan pengecekan pihaknya akan menurunkan Pamong Budaya BPB Kepridan tim ahli. Saat ini, Pamong Budaya BPB Kepri masih ada kegiatan di Jakarta.

Poling Bakal Calon Gubernur Kepulauan Riau Yang Akan Terpilih di Pilkada 2024

"Insya Allah setelah dari Jakarta nanti akan langsung turun ke lokasi cagar budaya,* sebutnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Berdasarkan SK Bupati Lingga No 482/KPTS/XI/2019 Tentang Penetapan Situs Struktur Bangunan dan Benda Sebagai Cagar Budaya Kabupaten Lingga. Wisma Timah termasuk salah satu bangunan cagar budaya yang harus dilindungi keberadaanya.

Namun sayangnya, Bupati Lingga. Muhammad Nizar, mengaku tidak dapat melarang renovasi yang dilakukan karena bangunan Wisma Timah tersebut merupakan properti pribadi. Pernyataan Bupati Lingga ini jelas tidak sejalan dengan amanah UU No 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya dan Perda Kabupaten Lingga No 10 Tahun 2017 Tentang Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya. (tir)

Diedit oleh :
Redaksi
#Lingga#Pemkab Lingga#Kabupaten Lingga

ATA Writer

Tengku Bayu

Bahas ekonomi digital, keamanan siber, dan AI dan senang bahas makeup, skincare, dan buku. Mobile street photographer musiman.


Artikel Lainnya

Bagikan
iklan

Terpopuler


satukata.id

Dikelola oleh:

PT. Kepri Media Siber

Kanal

News

Pemilu

Teknologi

Otomotif

Bola

Life Style

satukata.id

Dikelola oleh: PT. Kepri Media Siber